Minggu, 01 April 2012

Ku ubah saja dari “April Mop” menjadi “April Love”



Masuk tanggal baru dibulan yang baru, “Apriiil Moooop”. Istilah itu (April Mop) sudah lama tak terdengar oleh telingaku. Bahkan sudah sekitar 6 tahun lebih. Aku tak tahu pasti pada bulan april di tahun berapa, terakhir kalinya aku mendengar ucapan itu. Tetapi yang pasti, aku mendengarnya saat dulu masih berada dipesantren. Agak aneh memang, disebuah gubuk pesantren lha kok ramai memperbincangkan “April Mop”. Ya kalau di ingat-ingat sih lucu memang, maklumlah saat itu emosi masih matang-matangnya berada di taraf ABG (Anak Bimbang dan Galau). Beberapa anak bercerita tentang kejadian yang dialami, biasanya aku menyebut anak ini sebagai “Objek April Mop”, ada yang cerita bagaimana dia mengerjai temanya sendiri, anak tipe ini yang aku sebut sebagi Pelaku Sejati atau “Subject April Mop”. Sedangkan Aku memposisikan diri hanya sebagai pelaku pelengkap alias pendengar sejati. Aaah sungguh aku saat itu “linglung” dan tak nyambung mengikuti alur pembicaraan mereka, tapi tetap saja aku pingin dapat suatu pengetahuan dari perbincangan mereka.


1 April ditahun ini, 2012, entah siapa yang membawa pikiranku bernostalgia dengan Istilah “april Mop”. Aku ingin menuliskan sesuatu tentang April Mop tetapi dari perantauan pandang yang berbeda. Sejauh yang aku fahami, April Mop adalah momen untuk menggoda seseorang, untuk apapun lah yang penting membuat orang marah. Setelah Objek April Mop berada pada puncak emosi tertinggi, barulah subjek pelaksana memberi surprise dengan teriakan “Apriiiiil Moooop”. Yaaa setahuku sih Cuma itu.


Setelah aku berselancar didunia tanpa tirai pembatas, atau bahasa kerennya sih internet, hehehe, aku mendapat difinisi dan pewacanaan tentang April Mop. Dari pengertian wikipedia dan beberapa referensi yang aku temukan, April Mop momentum yang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari yang di tandai dengan tipu menipu dsb. Terlepas dari itu semua, aku hanya ingin menulis berdasarkan pengetahuanku yang sangat sederhana dan sangat sempit. Bagiku jika tujuan april mop seperti itu, kenapa harus ada???, iya kalau orang yang kita bohongi, yang kita jahili, yang kita jadikan objek April Mop bisa memahami apa yang kita kerjakan, jika tidak bisa memahami dan bahkan marah kepada kita, apa yang terjadi???.


Terlepas dari sejarah April Mop, (karena aku juga bukan ahli sejarah), kenapa harus ada hari yang dijadikan untuk membuat orang ilfil, marah, ngambek kepada kita, bukannya lebih indah jika tiap hari, tiap saat, tiap langkah, dan setiap perlakuan kita bisa membuat orang lain merasa nyaman, merasa senang, dan merasa aman didekat kita. Dari pada kita menghabiskan energi untuk memikirkan atau merencanakan sesuatu yang belum kita tahu efek kedepannya seperti apa, kenapa kita tidak menghabiskan waktu untuk memikirkan cara bagaimana kita bisa menyenangkan diri kita sendiri dan orang-orang yang ada disekitar kita.


Bagiku saat ini adalah momen yang paling tepat untuk mengubah mindset, meskipun setiap hari adalah momen yang bagus untuk berubah. Tapi yang ku maksud adalah merubah mindset tentang April Mop. Yang pada mulanya April Mop digunakan sebagai ajang berbohong, untuk menjahili seseorang atau sebagai ajang memberi lelucon, apakah salah jika aku merubahnya dengan guyon yang bermanfaat, sarana berkumpul untuk men-jujur-jujurkan diri entah kepada siapa saja, keluarga sahabat, kawan, pacar, dlsb. Biarlah Bulan april ini aku simbolkan bukan lagi menjadi “April Mop” tapi akan aku ubah sesuai keinginanku sendiri, yaitu “April Love”. Tak sembarangan aku memberi nama ini. Aku memiliki harapan besar pada bulan ini, yaitu memberikan “Cinta” sebesar-besarnya dan sebaik-baiknya, kepada siapa saja, pada manusia, hewan, tumbuhan, dan alam lingkungan sekitarku. Kenapa harus bulan ini? Tidak juga, aku merasa selama aku hidup ini belum ada cinta kasih tulus yang sudah aku persembahkan untuk orang-orang tercinta disekitarku.


Maka dari itu, mulai bulan ini akan aku jadikan instropeksi diri untuk menambah pemberian cinta yang lebih besar lagi. Fokus pada pembagian kasih yang lembut, sebanyak mungkin orang bisa tertawa senang menyambut kehadiran kita, bukan lagi cemberut atau bosan melihat kehadiran kita. Semoga kita memiliki kemampuan mentransfer cinta yang begitu indah untuk orang yang kita sayang selama kita hidup didunia. “Apriiiiil Looooove”


Gambar diambil dari: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg2rt3jUlUImpTVX2FzxLJBKC9t1Eym8Yrk7x5_TeTDxpStQdY8xwvU4CKjZ7dr9Jaq7rBfmI6GVCsiLqkS-PTIQH_XVwliuZ6FcTWh4Zn15r28D7n2Hge-K023vjnoC5ltXhNgVIx7nYU/s400/april-mop.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks...